Pemahaman Tentang Kapasitas Storage Device

Pada saat kita membeli flashdisk baru mungkin kita sering bertanya kenapa ukuran / kapasitas flashdisk yang kita beli tidak sama dengan yang ada di boxnya dan selalu lebih kecil. Contohnya pada saat kita beli flashdisk ukuran 4 GB, apabila kita colokkan di komputer kapasitasnya menjadi 3,5 GB. Apakah ini berarti ada kecurangan dari pihak penjual ?

Sebenarnya permasalahan diatas tidak hanya dialami oleh flashdisk saja, pada Hard Disk pun juga demikian, kapasitas terpasang selalu lebih kecil dari kapasitas yang tertera di box-nya.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, hal tersebut disebabkan karena ada beberapa faktor, yaitu :

1. File System
File system yang ada dalam flashdisk atau hard disk tersebut. File system tersebut ada agar bisa dijalankan di komputer (semacam progrum autorun, dsb), namun kapasitas dari file tersebut tidak terlalu besar.

2. Beda Satuan atau versi perhitungan Byte
Nah sebenarnya inilah biang keroknya kenapa pada flashdisk maupun hard disk kita kapasitasnya berkurang banyak meskipun baru dibeli. Secara teori satuan dalam komputer dan pemrosesan data dikenal dengan istilah Byte. Byte merupakan ukuran sebuah informasi. Tingkat satuan byte dari terendah dimulai Byte, KiloByte, MegaByte, GigaByte (selanjutnya TerraByte, PetaByte, EksaByte). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dibawah ini 

1 GigaByte (Gb) : 1024 x 1024 x 1024 Byte

1 MegaByte (Mb) : 1024 x 1024 Byte

1 KiloByte (Kb) : 1024 Byte

1 Byte (b) : 1 Byte

Seperti yang anda liat, setiap turun satuan dikalikan dengan 1024 dan naik satuan dibagi dengan 1024. 
Terus yang menjadi pertanyaan adalah kenapa kapasitas flashdisk tidak sesuai dengan yang tertera di Box-nya?

Jawabanya adalah produsen Flashdisk maupun HardDisk tidak menggunakan satuan diatas atau satuan baku dari komputer. Mereka menganggap setiap turun maupun naik satuan dikalikan/dibagi dengan 1000 (kalau Byte komputer 1024). Loh kenapa ko begitu? ya biasalah pengusaha / pabriknya, selalu menginginkan keuntungan lebih, atau alasan lainnya. (maybe)

Untuk lebih jelasnya saya berikan contoh :
Pada saat kita membeli flashdisk ukuran 16 Gb maka secara hitungan byte versi pabrik yang sebenarnya akan ketemu nilai 16 x 1000 x 1000 x 1000 = 16.000.000.000 Byte

Namun pada saat kita mencolokkan ke komputer atau laptop maka kapasitasnya akan terbaca menjadi 
16.000.000.000 Byte : 1024 : 1024 : 1024 = 14, 9 Gb. Karena menggunakan perhitungan byte versi komputer. Nah dasar itulah yang menyebabkan ukuran / kapasitas Flashdisk maupun HardDisk tidak sesuai dengan yang tertera. Semakin besar Kapasitasnya maka semakin besar pula kapasitas Flashdisk maupun Hard Disk yang berkurang.
Semoga tidak semakin bingung :D .




Previous
Next Post »

Silakan tinggalkan komentar anda dengan etika berkomentar yang baik dan sopan.
Kami dapat menghapus komentar yang dianggap melanggar dan atau dapat menimbulkan suatu hal tidak baik nantinya. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment